Pojokinfounik- Mengenalkan alam dan lingkungan sekitar merupakan proses pembelajaran yang sering di terapkan oleh para orang tua kepada anak, khususnya usia balita. Pengenalan ini bertujuan untuk memperkaya wawasan anak semenjak usia dini. Pengenalan alam dan lingkungan sekitar dapat berupa memberi tahu jenis-jenis tumbuhan dan nama-nama hewan yang ada.

Banyak metode yang dapat di terapkan agar anak usia dini dapat lebih mengenal lingkungannya, khususnya mengenai jenis-jenis hewan, mulai dari mendatangi kebun binatang, membeli buku dan poster tentang hewan, memutarkan video dan yang terakhir mengenalkan hewan menggunakan software Animal 4D melalui media Smartphone Android.

Metode terakhir yaitu menggunakan Animal 4D merupakan cara modern dalam mengenalkan dunia binatang kepada anak usia dini. Metode pembelajaran ini sangat keren, unik dan terkesan sangat nyata yang pastinya membuat anak lebih tertarik dalam melakukan proses pembelajaran.


Untuk menggunakan cara ini, pengguna terlebih dahulu harus mengunduh aplikasi Animal 4D+ melalui Playtrore di Smartphone android. Selanjutnya buka aplikasi dan secara otomatis kamera smarphone android akan turut terbuka. Selanjutnya arahkan ke salah satu kartu yang berisi gambar hewan tertentu. Secara menakjubkan hewan akan muncul dengan tampilan 4D di layar smartphone. Sebagai catatan, kartu dapat di ambil di situs resminya yaitu 4d.octagon-studio.com, setelah itu cetaklah kartu tersebut menggunakan printer. Hanya saja untuk pengguna gratisan yang mengambil kartu secara cuma-cuma hanya di beri beberapa kartu contoh saja.

Bahkan yang lebih menakjubkan lagi, anda dapat langsung mencoba menampilkan binatang 4 dimensi tanpa harus mendownload kartu. Caranya coba buka aplikasi Animal 4D di android anda dan arahkan ke salah satu gambar hewan yang ada di website tersebut, maka secara otomatis hewan 4 dimensi akan tampil.

Penggunaan Animal 4D tidak hanya sekedar menampilkan bentuk fisik hewan akan tetapi juga di ikuti suara hewan. Sembari hewan muncul, nama hewan yang bersangkutan akan di sebutkan dalam bahasa inggris sehingga hal ini akan lebih memperkaya pengetahuan anak tentang bahasa inggris.

Ada fasilitas yang unik ketika anda menggunakan metode pembelajaran ini, yaitu mode interaction. Pada mode ini bila salah satu kartu hewan disandingkan dengan kartu yang bergambar tumbuhan ataupun buah, maka hewan yang besangkutan akan bergerak dan mengejar tumbuhan ataupun buah tersebut  seolah-olah ingin memakannya. Agar semakin seru cobalah geser kartu yang bergambar tumbuhan atupun buah tersebut ke arah yang anda inginkan, dijamin anda akan takjub karena hewan akan mengejar gambar tersebut mengikuti kearah mana kartu di geser. Dengan cara unik ini dijamin anak akan lebih betah dalam belajar mengenal hewan.